Jumat, 01 Juli 2011

19 Persen Warga Depok Berasuransi Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Hardiono mengatakan, warga Depok yang mempunyai asuransi kesehatan dan Jaminas Sosial Tenaga Kerja mencapai 279.819 jiwa atau hanya 19 persen dari total jumlah penduduk 1,5 juta jiwa.

"Kami akan bantu bagi warga miskin yang belum punya jaminan kesehatan," katanya di Depok, Jumat (18/6/2010).

Menurut dia, saat ini warga Depok yang tergabung dalam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) baru 137.221 jiwa atau sembilan persen dari jumlah penduduk.

Dia mengatakan, untuk warga yang belum mempunyai asuransi jumlahnya lebih banyak lagi yaitu mencapai 1.086.637 jiwa.

Menurut dia, warga tersebut bukan hanya dari kalangan bawah tetapi juga dari kalangan menengah dan atas.

"Mereka nantinya akan diberi asuransi melalui program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda)," katanya.

Dikatakannya program ini akan dilakukan dalam beberapa tahapan. Untuk tahap pertama pada Desember 2010.

Jamkesda, katanya, merupakan perpanjangan dari surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Lebih lanjut ia mengatakan, nantinya akan dibuatkan juga Jamkesda yang disampingnya juga bertuliskan plus SKTM.

Menurut dia, program ini akan dievaluasi setiap tahunnya, baik dari pelaksanaan, pelayanan, maupun pendataan.

"Dinas Kesehatan (Dinkes) akan memperbarui data setiap tahunnya berapa penduduk miskin di Depok setiap yang butuh program ini," katanya.

Hardiono juga menjelaskan untuk melayani warga miskin, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai rumah sakit, baik yang berada di Depok maupun Jakarta.

"Ini untuk melayani warga Depok yang hendak berobat," katanya.

Di Depok terdapat 16 rumah sakit meliputi Rumah Sakit Bunda Margonda, Rumah Sakit Ibu Anak Graha Permata Ibu, Rumah Sakit Bayangkara Brimob, Rumah Sakit Meilia, Rumah Sakit Tumbuh Kembang dan Rumah Sakit Tugu, Rumah Sakit Hospital di Cinere serta Rumah Sakit Hermina.

Selanjutnya ada pula Rumah Sakit Bhakti Yudha, Rumah Sakit Harapan Depok, Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Asy-syifa Medical Center, Rumah Sakit Umum Daerah Depok, Rumah Sakit Sentra Medika, Rumah Sakit Hasanah Graha Afia, dan Rumah Sakit Simpang Depok.

Di Jakarta ada beberapa Rumah sakit diantaranya Rumah Sakit Pasar Rebo, Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit PeRumah Sakitahabatan, Rumah Sakit Kepolisian Sukamto, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan Rumah Sakit Kanker Dharmais.

Ada pula, Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (PAU) Dr. Ernawan Antariksa, Rumah Sakit Sofa marwa, Rumah Sakit Jantung Pusat Harapan Kita dan Rumah Sakit Yayasan Ginjal Diatrans Indonesia (YOGI). Sementara itu di Bogor terdapat dua rumah sakit yakni Rumah Sakit Dr H Marzoeki Mahdi (Cilendek, Kota Bogor) serta Rumah Sakit Cibinong, Kabupaten Bogor.

sumber : kompas.com

Artikel Terkait



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih. komentar Anda sangat berharga bagi saya